Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Banyak amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada hari ini. Satu diantaranya adalah sedekah.

Hari Jumat adalah hari dimana pahala sedekah berlipat ganda. Rasullah SAW bersabda “pahala sedekah berlipat ganda pada hari Jumat.”

Sedekah tidak hanya berupa uang, Rasullah bersabda,” Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, melarang daripada kemungkaran adalah sedekah, dan berhubungan badan dengan istri adalah sedekah.” (HR Muslim).

Berikut Tribun Pekanbaru rangkum keutamaan sedekah di hari Jumat yang dilansir dari dalamislam.com.

1. Seperti Sedekah di Bulan Ramadhan

Keutamaan melakukan sedekah di hari Jumat jika dibandingkan dengan hari lainnya adalah karena bersedekah di hari itu sama halnya seperti sedekah di bulan Ramadhan.

Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan – bulan selainnya.”

2. Pahala Berlipat Ganda

Hari Jumat juga menjadi hari terbaik dimana nilai dan juga segala macam pahala akan dilipat gandakan, sehingga melakukan sedekah di hari Jumat akan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

3. Menambah Berkah Rezeki

Sedekah di hari Jumat juga akan membuahkan keajaiban serta pertolongan yang tidak pernah di duga sebelumnya seperti aliran rezeki yang semakin lancar.

Sedekah tidak harus berupa materi, akan tetapi juga bisa dalam bentuk bantuan atau tenaga yang juga termasuk dalam sedekah pada orang lain.

4. Hari Yang dianjurkan Untuk Melakukan Amal Soleh.

Dianjurkan juga untuk semakin memperbanyak sedekah serta amal soleh pada hari Jumat atau malam jum’at.

Memperbanyak shalawat untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada malam atau siang hari di hari Jumat sebab shalawat dan sedekah yang sudah dilakukan pada hari Jumat akan diperlihatkan untuk Allah SWT.

Rasullullah bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari jum’at . Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku. Karena shalawat kalian diperlihatan kepadaku.” (al-Iqna’, 1/170)

5. Sunnah Rasullullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

Dalam Tuhfah al-Habib ‘ala Syarh al-Khatib tentang hari Jum’at disebutkan jika, “Disunnahkan memperbanyak sedekah dan berbuat kebaikan di siang dan malam hari Jum’at”.

6. Sedekah akan dibalas 700 kali lipat

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surah Al Baqarah Ayat 261, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Dalam ayat tersebut, Allah sudah dengan jelas menyebutkan perhitungan sistematis atas apa yang sudah kita keluarkan dari harta untuk bersedekah.

Apabila dari perhitungan matematis ayat diatas, maka sedekah yang sudah diberikan khususnya untuk hari Jumat akan dibalas sampai 700 kali lipat dan Allah juga menekankan akan membalas sedekah untuk siapa pun yang Allah SWT kehendaki.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul 6 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat Yang Penuh Berkah, Yuk Sempurnakan Amalan di Hari Ini!, http://pekanbaru.tribunnews.com/2017/11/03/6-keutamaan-sedekah-di-hari-jumat-yang-penuh-berkah-yuk-sempurnakan-amalan-di-hari-ini?page=3.
Penulis: Rika Apriyanti
Editor: Rika Apriyanti