Jika perempuan sedang haid, memang rasanya sedih jika tidak bisa melaksanakan ibadah sholat. Namun jangan khawatir jika sedang haid perempuan tetap bisa melakukan amalan atau dikerjakan saat sedang tidak suci atau haid, diantaranya yaitu :

1.Memperbanyak istighfar untuk memohon ampun kepada Allah

Berdzikir dan berdoa sebanyak-banyaknya, juga bisa membaca ayat Al-Qur’an dengan niat untuk berdzikir atau berdoa seperti membaca basmalah, ayat kursi, falaq binNas(Al-falaq, An-Nas dan Al-Ikhlas), dan ayat lain yang tujuan membacanya tidak lain hanyalah untuk dzikir dan berdoa.

2.Membaca sholawat nabi

Seperti sholawat nariyah, sholawat nur buwat, sholawat badar dan lain sebagainya. Meskipun banyak kalangan yang menganggap sholawat itu bid’ah, kembali pada diri masing-masing. Yang masih menginginkan syafaat nabi kelak di yaumil akhir, maka perbanyaklah membaca sholawat.

3.Membaca atau mengamalkan Asmaul HusnaMembaca dan mengkaji kitab, seperti kitab kuning, tarjamah ataupun hadits-hadits lainnya dan membaca buku-buku tentang agama.

4.Mendengarkan tausyiah

Mendengarkan tausyiah atau ceramah agama, baik dengan cara menghadiri pengajian-pengajian ataupun mendengarkan tausyiah lewat media televisi, radio dan lain sebagainya.

5.Menambah pengetahuan agama

Dapat dilakukan dengan cara bertholabul ‘ilmi seperti menghadiri majlis ta’lim, sharing tentang pengetahuan agama kepada orang-orang yang berilmu dan lain sebagainya.

6.Memberi makan pada orang yang berpuasa

Menyiapkan atau memberi makanan untuk berbuka puasa pada saat bulan ramadhan atau puasa -puasa sunnah.

7.Memberi Shodaqoh

Beramal jariyah kepada orang-orang yang sedang membutuhkan.

8.Menyampaikan atau berdakwah walau hanya satu ayat

Menyampaikan suatu kebaikan walau hanya satu ayat termasuk kedalam perbuatan terpuji. Maka sampaikanlah apa yang kamu ketahui atau berbagi ilmu kepada orang lain dengan mengamalkan apa yang terkandung dari dalam ayat Al-Qur’an maupun Hadits.

9.Membaca Al-Ma’surat

Membaca doa dengan niat berdzikir pada pagi dan petang.

10.Melakukan pekerjaan rumah

Mengerjakan urusan dan pekerjaan rumah tangga serta membantu keluarga dalam memenuhi keperluannya.

Nah itu tadi amalan apa saja yang boleh dilakukan dan dikerjakan oleh perempuan saat sedang haid/ tidak suci, semoga bermanfaat bagi para sahabat muslim dan dapat diamalkan pada saat sedang berhadas, karena tidak ada alasan wanita muslimah ketika sedang berhadas tidak bisa beribadah.