Seorang muslim yang bertaqwa akan melakukan perintah Allah serta menjauhi larangan-Nya. Menjalankan perintah Allah salah satunya yaitu dengan mengerjakan shalat. Shalat yang diwajibkan yaitu sholat fardhu 5 kali dalam sehari semalam. Sedangkan sholat sunnah yaitu tidak wajib dilakukan, tetapi jika dilakukan akan mendapatkan pahala serta keutamaan-keutamaan. Salah satu shalat sunat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat muslim yaitu sholat tahajjud.

Shalat tahajud merupakan shalat sunat yang dikerjakan pada malam hari yaitu waktu yang utama sepertiga malam yaitu antara jam 03.00. Dimana disepertiga malam merupakan waktu yang sangat mustajabah untuk berdoa (doanya akan terkabul). Pada waktu tersebut para malaikat akan turun ke bumi. Shalat sunat tahajud dilakukan paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak tidak ada batasannya dengan diakhiri dengan shalat witir sebagai penutup.

Diriwayatkan Aisyah R.A, ia berkata :

“Nabi SAW mengerjakan shalat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau,lalu aku katakan kepada beliau,’Mengapa engkau melakukan seperti ini, ya Rosulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah? ‘Beliau menjawab,’Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?” (HR Bukhori VIII/449 dan Muslim 2819 dan 2820)

Nabi yag telah dijamin keselamatan serta kebahagiaannya saja selalu melaksanakan shalat tahajud, tetapi kadang kita masih ragu untuk melaksanakan shalat tahajud. Shalat tahajud tidak hanya bermanfaat untuk di ahkirat nanti yaitu mendapat pahala, diampuni dosa-doa, ditinggikan derajatnya tetapi shalat tahajud juga mempunyai banyak manfaat lain yang bisa kita rasakan sekarang.

Seseorang yang selalu terbiasa shalat tahajud akan bisa mengontrol emosinya, karena mempunyai ketenangan dan kedamaian jiwa. Beberapa manfaat shalat tahajud adalah sebagai berikut :

1. Penghapus dosa serta mencegah berbuat dosa

2. Jaminan masuk surga

3. Mendapat keringanan ketika dihisab di akhirat

4. Tanda takwanya terlihat di muka

5. Melancarkan aliran darah di tubuh

6. Membesarkan rongga paru-paru

7. Pikiran jauh lebih tenang dan segar

8. Memperoleh cinta dan ridho Allah

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

10. Shalat yang paling afdhol setelah shalat lima waktu

11. Dikabulkannya doa-doa

12. Akan diangkat derajatya ke tempat yang terpuji

13. Menjauhkan diri dari kelalaian hati

14. Meringankan lamanya berdiri di hari kiamat

15. Penyebab khusnul khotimah

16. Menjaga ketampanan dan kecantikan

18. Terhindar dari infeksi pernapasan