Pengertian adab makan dan minum dalam Islam memiliki pengertian yaitu mempraktikan cara makan dan minum yang sesuai dengan syariat Islam.Islam memang agama yang penuh dengan perhatian, bahkan untuk makan dan minum aja ada aturannya. Aturan atau adab ini dilakukan bukan sembarangan tapi ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Contohnya Rosulullah memerintahkan untuk makan tidak terlalu kenyang. Menurut penelitian jika manusia makan terlalu kenyang maka akan memberatkan fungsi lambung, hati, dan jantung sehingga dapat mengganggu metabolisme tubuh.

“Jika salah seorang dari kalian makan, makanlah dengan menggunakan tangan kanan dan jika minum, minumlah juga dengan tangan kanannya. Sesungguhnya syaitan itu makan dengan tangan kirinya dan juga minum dengan tangan kirinya.” (H.R. Muslim dan Nasa’i)

1. Makan dan minum diawali dengan basmalah

2. Tidak makan secara berlebihan

3. Tidak meniup makanan

4. Mengambil makanan yang terdekat

5. Makan dan minum sambil duduk tidak berdiri

6. Makan dengan bersama sama

7. Tidak mencaci makanan

Ketika makanan yang ada tidak kita sukai lebih baik diam dan tidak memakannya, tapi kalau suka segera memakannya bukan malah mencelanya. Begitulah macam-macam pengertian adab makan dan minum menurut ajaran Rasulullah.