Apakah anda pernah merasakan seseorang sedang membicarakan diri anda? Bagaimana sikap anda selanjutnya? Anda merasa kesal, marah, jengkel, ingin membantah, atau ingin menyerang balik kepada orang tersebut? Jika anda sedang di bicarakan oleh orang lain dibelakang anda, bersikaplah santai dan bijaksana. Karena jika ada, bukan anda yang menjadi orang yang lemah, tetapi karena hidup anda yang layak untuk dibicarakan. Ada banyak hal mengapa banyak sekali penyebab mengapa ada yang membicarakan anda dibelakang anda. Orang yang berprestasi, cemburu dalam hal-hal yang baik pada hidup anda, tidak memiliki sesuatu yang lebih baik dari Anda.

Lalu bagaimana anda harus menyikapinya? Anda tidak harus melakukan apa-apa. Karena jika anda meyakinkan dan mengklarifikasi kepada orang-orang yang sebenarnya, berapa banyak orang di lingkungan anda yang harus anda yakinkan? Sebab ada yang mengatakan bahwa, apa pun yang anda lakukan dan seberapa baik anda dalam kehidupan, tetap akan ada orang yang berpikir buruk tentang anda.

Pahamilah mereka sebenarnya tidak peduli dengan anda. Karena jika orang-orang tersebut peduli dengan anda, seharusnya orang-orang tersebut mendukung dan memberikan kritik yang membangun pada anda.

Tersenyumlah. Tunjukkan bahwa anda tidak terpengaruh oleh pembicaraan mereka. Jangan katakan apa-apa selain tersenyum karena seolah-olah anda adalah orang paling bahagia di dunia. Lalu jangan merasa anda menjadi korban. Karena kita anda sedang dibicarkan buruk oleh orang-orang iru mengakibatkan rasa gelisah dan takut. Itu malah akan menjadi korban dalam diri anda. Anda cukup menjadi peran seorang pemenang.

source : https://www.kompasiana.com/tertia.rachmi/ketika-ada-yang-membicarakan-anda-di-belakang-anda_551b6ea2813311be7f9de629