Rezeki, Jodoh dan Maut adalah rahasia Allah Swt. dimana tidak ada satu orangpun yang dapat menambah, mengurangi apalagi memprediksikannya. Itu semua merupakan hak prerogatif Allah Swt dalam pengaturannya, bahkan ketiga hal tersebut sudah dituliskan dalam Lauhul Mahfudz sebelum bumi ini diciptakan.

Setiap manusia pasti membawa rezekinya masing-masing seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sudah ditetapkan porsinya sebelum manusia iu dilahirkan. Namun kita sebagai manusia dan hamba Allah di minta hanya untuk berusaha dan berikhtiar untuk menjemput rezeki tersebut, dan kita harus mempelajari cara mendapatkan rezeki tersebut. Mungkin disekitar kita ada yang sudah bekerja siang malam untuk mencari rezeki tapi tetap miskin saja. Ada juga yang kerjaannya hanya biasa-biasa saja namun rezekinya lancar tanpa hambatan dan malah berlimpah. Bisa jadi kita termasuk contoh yang pertama atau yang kedua. Hal tersebut merupakan bukti kekuasaan Allah dalam mengatur rezeki seseorang.

Sebenarnya Allah Swt sudah memberikan bocoran cara mendapatkan rezeki yanng berlimpah dan menjemputnya untuk kita. Cara mendapatkan rezeki tersebut sudah dijelaskan di dalam Al Quran dalam beberapa ayat yang tersebar di beberapa surat di dalamnya. Untuk itu, Allah Swt menyuruh kita untuk selalu membaca dan mempelajari Al Quran agar hidup kita bisa terjamin kesejahteraannya, karena disanalah sumber ilmu kehidupan kita. Berikut beberapa macam rezeki menurut islam beserta contohnya :

  1. Rezeki yang Telah Dijamin

Allah Swt. berfirman, “Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin oleh Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab nyata (Lauh Mahfuz)” (QS Hud : 6)

Contoh : Meskipun seorang anak yatim piatu tidak memiliki orang tua, namun ia akan tetap hidup sampai besar dirawat panti asuhan atau diadopsi oleh keluarga lain

  1. Rezeki Karena Usaha

Allah Swt. berfirman, “Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya.” (QS An Najm : 39)

Contoh : Karena keuletan dalam usaha, kini bangsa Turki bisa makmur, padahal alamnya tidak begitu kaya

  1. Rezeki Karena Bersyukur

Allah Swt. berfirman, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (Nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat’” (QS Ibrahim : 7)

Contoh : Brunei Darusalam baru-baru ini menerapkan syariat islam sebagai rasa syukur kepada Allah atas nikmatNya, maka mereka kini menemukan ladang gas baru kapasitas miliaran kubik

  1. Rezeki Tak Terduga

Allah Swt. berfirman, “Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesunguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS At Thalaq :3)

Contoh : Karena ketaqwaan penduduk Mekkah dan Madinah, siapa sangka minyak da gas berada di bawah tanah Hijaz (Arab Saudi)

  1. Rezeki Karena Istigfar

Allah Swt. berfirman, “Maka aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu.” (QS Nuh : 10-11)

Contoh : Kaum Nabi Yunus, setelah mereka bertobat maka Allah karuniakan kemakmuran bagi mereka sampai 40 tahun, riwayat lain mengatakan 80 tahun lamanya.

  1. Rezeki Karena Menikah

Allah Swt. berfirman, “Dan nikahilah orang-orang yang masih membujang diantara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui).” (QS An Nur : 32)

Contoh : Ketika masih bujangan, Abdurrahman bin Auf ra. hanya seorang penjual tali, namun setelah menikah ia menjadi pengusaha besar owner pasar Madinah

  1. Rezeki Karena Anak

Allah Swt. berfirman, “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh dosa yang besar.” (QS Al Isra :31)

Contoh : Yakub waktu mudanya hijrah dari rumahnya dan menjadi pengembala kambing, setelah menikah dan memiliki 12 anak, justru kambing-kambingnya juga makin bertambah banyak

  1. Rezeki Karena Sedekah

Allah Swt. berfirman, “Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (QS Al Baqarah : 245)

Contoh : Kedermawanan Utsman bin Affan ra. hingga kini masih ada warisannya dan tabungannya masih tersimpan do no.rekening Bank Syariah Arab Saudi

Itulah tadi beberapa macam rezeki menurut islam beserta contohnya yang dapat disimpulkan. Semoga dengan adanya artikel mengenai rezeki menurut islam ini dapat membantu kita untuk selalu percaya bahwa Allah Swt telah menjamin seluruh umatnya.