Allah memberi  keistimewaan terhadap waktu – waktu tertentu. Allah memberi keistimewaan terhadap hari Jum’at untuk menjalankan shalat Jum’at, hari raya untuk menjalankan shalat Id, bulan Ramadhan untuk menjalankan puasa Ramadhan. Allah juga memberi keistimewaan pada hari Senin dan Kamis. Pada kedua hari tersebut umat islam disunahkan untuk melakukan puasa. Adapun keistimewaan hari Senin dan Kamis adalah sebagai berikut,

HARI SENIN ADALAH HARI DILAHIRKANNYA RASULULLAH

Kemuliaan terbesar yang dimiliki hari Senin dan tidak dimiliki oleh hari – hari lainnya adalah karena hari Senin adalah hari lahirnya Baginda Nabi Muhammad Saw. Beliau adalah manusia teragung, pembawa rahmat, kekasih Allah, panutan manusia sejak diutusnya menjadi Nabi hingga hari kiamat. Dan manusia agung ini lahir dihari Senin. Karena seorang manusia tidak mungkin terlahir dua kali dalam seumur hidupnya, maka hari Senin memiliki nilai keistimewaan tersendiri. Dan Nabi menjadikan hari kelahiran beliau tersebut untuk berpuasa. Ini beliau nyatakan dalam sebuah hadistnya,
وكان ذلك يوم ولدت وأرسلت أنا
Itu adalah hari aku dilahirkan dan aku diutus. (HR Muslim)
 
 Ada banyak keajaiban yang terjadi pada hari kelahiran Nabi tersebut. Keajaiban yang terbesar adalah hancurnya pasukan bergajah yang dipimpin oleh Raja Abrahah yang datang untuk menghancurkan Ka’bah.
Kehancuran tersebut bukan disebabkan karena perlawanan penduduk Makkah demi mempertahankan Ka’bah. Akan tetapi, kehancuran mereka karena diserang burung Ababil. Ababil artinya berbondong – bondong. Burung – burung tersebut datang membawa sijjil yaitu kerikil panas yang jika mengenai kepala seseorang bisa tembus sampai duburnya. Peristiwa besar ini diabadikan di dalama al – Qur’an Surah al Fiil.

Masih banyak keajaiban yang terjadi pada hari lahirnya Rasulullah. Di antaranya adalah berguncangnya istana Raja Kisra, meluapnya air danau Tiberia, dan padamnya api di Persia yang konon api itu tidak padam selama ribuan tahun. Semua itu menunjukkan irhash Rasulullah. Irhash adalah peristiwa luar biasa yang di miliki oleh seorang Nabi sebelum kenabiannya.

HARI SENIN ADALAH HARI DIUTUSNYA RASULULLAH

Diutusnya Nabi Muhammad Saw sebagai rasul adalah untuk membawa rahmat ( kasih sayang ) kepada semesta alam. Dan beliau diutus menjadi Rasul pada hari Senin sebagaimana sabda beliau,
وكان ذلك يوم ولدت وأرسلت أنا
Itu adalah hari aku dilahirkan dan aku diutus. ( HR Muslim )

Jadi, selain sebagai hari yang agung hari Senin juga merupakan hari kasih sayang. Alangkah mengherankannya umat Islam yang merayakan hari Valentine dengan bersuka cita namun tidak mau menyambut hari kelahiran Rasulullah.

Ada beberapa hal yang terkait dengan hari Valentine dengan hari Senin.

  • Pertama, hakikat hari Valentine yang sebenarnya masih menjadi perdebatan. Benarkah itu kelahiran Santo Valentino ataukah hari yang disucikan lalu dianggap sebagai hari Santo Valentino. Selain kebenaran hari Valentine masih diragukan peristiwa yang terjadi terkait dengan Santo Valentino juga berbeda – beda  versinya. Berbeda dengan hari Senin yang memang sudah disebutkan dalam hadits bahwa hari itu adalah hari lahirnya Baginda Rasulullah.
  • Kedua, Seandainya hari Valentine itu benar lahirnya Santo Valentino, lalu apa manfaatnya memperingatinya bagi kita, umat Islam ? Pahala tidak didapatka, malah bisa membuat kita berdosa karena meniru tradisi Nasrani. Dan apa yang dilakukan oleh banyak orang di hari Valentine ? Memberi karangan bunga, memberi hadiah, memberi ucapan selamat pesta, ciuman mesra, dan apa lagi ? Banyak acara yang berisikan kemaksiatan di hari Valentine. Coba kita bandingkan dengan hari Senin. Hari Senin adalah hari lahirnya Nabi dan data ini valid karena terdapat dalam hadits Shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Bergembira terhadap hari Senin bukanlah sesuatu yang terlarang, bahkan dianjurkan. Dan ekspresi kegembiraan pada hari senin bisa dilakukan dengan menjalankan ibadah puasa yang disunahkan oleh Nabi. Tentu memperingati hari lahir Nabi dengan berpuasa jauh lebih baik daripada berpesta untuk memperingati hari lahirnya Valentino. Dan dengan puasa yang benar dan sungguh – sungguh insya Allah akan membuat kita menjadi orang yang welas asih terhadap sesama. Jadi, semestinya hari kasih sayang bagi kita adalah hari Senin dan itu diwujudkan dengan menghidupkan sunah Nabi yang diantaranya adalah berpuasa, bersedekah, dan membantu orang lain.

HARI SENIN ADALAH HARI YANG PENUH BERKAH

Selain hari lahirnya Rasulullah dan hari wafatnya beliau, Senin juga memiliki keistimewaan – keistimewaan, diantaranya :
  1. Rasulullah pergi hijrah dari Makkah ke Madinah pada hari Senin
  2. Rasulullah mengangkat hajar Aswad saat perbaikan Ka’bah pada hari Senin
  3. Rasulullah sampai di kota Madinah pada hari Senin
  4. Perang Badar terjadi pada hari Senin
  5. Ayat terakhir kali turun, yang berisi kesempurnaan agama Islam diturunkan pada hari senin
  6. Rasulullah meninggal dunia pada hari Senin

HARI KAMIS HARI YANG BERKAH

Di dalam agama Islam, sebelum hari raya disyariatkan untuk berpuasa terlebih dahulu. Sebulan sebelum hari raya ‘Idul Fitri umat Islam diwajibkan untuk berpuasa Ramadhan. Sebelum hari raya Haji atau ‘Idul Adha umat Islam disunahkan untuk berpuasa Arafah.
Jum’at adalah hari raya mingguan. Bahkan hari Jum’at adalah lebih agung daripada hari raya ‘Idul Fitri dan hari raya ‘Idul Adha. Hari Jum’at disebut sebagai sayyidul ayyam  atau pemukanya hari – hari. Dan kita umat Islam disunahkan untuk melaksanakan puasa pada hari Kamis.
Keberkahan hari kamis ini juga didukung oleh doa Nabi yang menkhususkan hari Kamis sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah.
يا الله، يبارك شعبي في الصباح في وقت مبكر يوم الخميس
Ya allah, berkahilah bagi umatku di pagi hari mereka di hari Kamis. ( HR Ibnu Majah )
 

KHASIAT MELAKUKAN PUASA SENIN DAN KAMIS

Berikut ini beberapa khasiat bagi orang yang menjalankan puasa Senin dan Kamis.
  1. Bisa menjadi pengontrol ketakwaan kita
  2. Puasa Senin dan Kamis akan menjadikan seseorang menjadi kekasih Allah dan Rasulullah
  3. Melatih diri menjadi orang yang sabar
  4. Melatih menjadi pribadi yang ikhlas, jujur, dan disiplin
  5. Menjadikan orang bersikap randah hati
  6. Menumbuhkan sikap empati sosial
  7. Puasa Senin Kamis menjadi perisai dari segala Maksiat
  8. Sebagai wasilah adar doa dikabulkan oleh Allah
  9. Puasa bermanfaat bagi kesehatan kita
  10. Menyembuhkan beberapa penyakit, contoh :
  • Penyakit Diabetes
  • Penyakit Hipertensi
  • Penyakit Mag
  • Penyakit Obesitas