Banyumas – Ibadah Haji menjadi dambaan tiap muslim. Tak pandang kaya atau miskin, tua maupun muda. Namun, untuk mewujudkannya dibutuhkan niat yang kuat. Saat ada niat, semuanya seolah dimudahkan oleh Tuhan.

Pun dengan Ahmadi, veteran berusia 91 tahun, yang kini berprofesi sebagai penjaga makam. Sejak puluhan tahun silam, pria sepuh asal Desa Gumelar Lor Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini bermimpi menunaikan ibadah haji.

Kondisi ekonomi Ahmadi yang serba pas-pasan tak menyurutkan niat Ahmadi untuk berangkat haji dengan istri tercinta, Sartoyah.

Maka, sejak 20 tahun silam, kakek yang memiliki 11 anak dan 21 cucu ini pun membulatkan tekad. Ia menabung sedikit demi sedikit untuk mencapai cita-citanya beribadah haji. 

Padahal, jika menilik kesehariannya, keluarga Ahmadi hanya bisa hidup seadanya. Selain menjaga makam, Ahmadi hanya menggarap sebidang kebun yagng ditanaminya dengan sayur dan ubi.

Dari penghasilan tak menentu ini lah, Ahmadi tiap ada rejeki, selalu menyisihkan untuk ditabung. Singkat cerita, ia pun mendaftar haji pada tahun 2011.