IHRAM.CO.ID, JEDDAH — Arab Saudi siap meluncurkan program Daging Haji 2018, Senin (30/7). Sebagai bagian dari upaya pelayanan terbaik bagi jamaah haji, Arab Saudi telah mengembangkan proyek ini selama bertahun-tahun.

Proyeknya untuk pemanfaatan Daging Haji ini diberi nama ADAHI. Pengelola adalah Islamic Development Bank Group (IDB) sejak 1983, dan bekerja sama dengan pihak berwenang Saudi. Pada Senin, digelar konferensi pers di markas IDB di Jeddah untuk mengumumkan persiapan, pengaturan, dan kemajuan proyek yang telah dicapai untuk musim Haji 2018.

Dilansir dari Arab News, Presiden IDB, Dr. Bandar Hajjar menjelaskan bahwa proyek ini bertujuan untuk melayani para jamaah dengan mempermudah proses penyediaan ternak. Hewan kurban dijamin memenuhi semua persyaratan syariah dan kesehatan dengan memastikan kebersihan lingkungan di sekitar tempat-tempat suci.

Mulai dari awal hingga distribusi daging kepada penerima manfaat yang memenuhi syarat diurus oleh proyek. Jamaah hanya perlu menyediakan dana.

Daging didistribusikan tak hanya antara orang miskin di Masjidil Haram dan tempat-tempat suci lain. Tapi juga organisasi amal di Arab Saudi, dan penerima manfaat di banyak negara dan komunitas Muslim di seluruh dunia.

“Daging didistribusikan ke penerima di lebih dari 25 negara di seluruh dunia,” kata Dr. Hajjar.

Negara-negara ini termasuk negara-negara Arab seperti Yordania, Palestina, Suriah dan Irak serta negara-negara di Afrika dan Asia seperti Mali, Ghana, Senegal, Bangladesh dan Azerbaijan. Sekitar 40 ribu orang bekerja dalam proyek ini sebagai tukang daging, dokter hewan, pengawas Syariah, pekerja pendukung, transportasi, pemasok makanan, perawatan medis dan administrasi.

Menurut Hajjar satu juta domba disembelih, dikemas dan dibekukan hanya dalam 48 jam. Pada tahun 2017, proyek ini diluncurkan melalui “Jalur Elektronik” yang dikelola oleh Kementerian Haji Saudi.

Ini memungkinkan para jamaah umrah dan haji untuk menggunakan layanan yang disediakan oleh ADAHI. Tahun ini proyek telah memperluas kantor dan menggunakan teknologi untuk berkomunikasi maupun promosi kepada jamaah di seluruh dunia.

Jamaah dapat membeli kupon kurban secara online melalui situs web www.adahi.orgmenggunakan kartu kredit, transfer uang atau dengan mengakses situs web Kementerian Haji Saudi. Kupon juga tersedia dengan entitas yang berkolaborasi seperti Al-Rajhi, Mobily, Hadyat Al-Hajj Wal Moatamer, Perusahaan Jasa Aman, serta dengan outlet Pos Saudi di seluruh Kerajaan.

Pemerintah akan memperluas proyek ini di masa depan untuk melayani setiap Muslim di seluruh dunia. “Kami sudah mulai tetapi masih perlu pengembangan dan perluasan lebih lanjut,” katanya.

 

 

Sumber :https://www.republika.co.id/berita/jurnal-haji/kabar-dari-tanah-suci/18/07/31/pcpfjj423-saudi-siap-luncurkan-program-daging-haji-2018