Kebudayaan yang sedang berkembang di Pulau Jawa sangat didominasi oleh pengaruh agama Islam, walaupun ada sebagian budaya Hindu-Buddha yang masih bertahan. Wali Songo ialah sembilan orang tokoh bersejarah yang ikut andil dalam menyebarkan ajaran agama Islam di Pulau Jawa. Sembilan orang tersebut tak hanya menyebarluaskan ajaran agama Islam, tetapi juga ikut aktif dalam membangun kemajuan bagi masyarakat setempat yaitu melalui bidang pendidikan membaca dan menulis, seni budaya, dan penanaman kearifan lokal yang semuanya bersumber dari ajaran agama islam.

Setelah sang tokoh anggota wali songo meninggal dunia, masyarakat mengingat atas jasa mereka dengan cara membangun tempat pemakaman khusus yang agung dan megah. Kemudian, kegiatan keagamaan yang tampak adalah ikut mendoakan arwah tokoh pahlawan islam walisongo melalui kegiatan khas yaitu ziarah kubur. Peristirahatan terakhir Wali Songo pun kini berkembang menjadi tempat wisata religi yang sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai penjuru nusantara.

Makam para anggota Wali Songo berada di Pulau Jawa dan tersebar menjadi tiga provinsi, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Sebuah perjalanan tour wisata agama yang mengasyikan dengan tujuan ziarah ke makam Wali Songo biasanya dilakukan secara berurutan selama 7 hari mulai dari Jawa Timur sampai Jawa Barat, bisa juga arah sebaliknya. Pada ulasan berikut ini telah merangkum kunjungan menuju 9 makam anggota Wali Songo yang berada di 8 kota pulau jawa dan mungkin akan anda kunjungi, simak berikut ini :

1. Makam Sunan Ampel (Surabaya)

Makam Sunan Ampel lokasinya berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, tepatnya di Jalan Nyamplungan. Salah satu tempat wisata di kota Surabaya ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan muslim karena lokasinya yang berada di tengah kota memudahkan kita untuk mencapainya dan didukung jalur transportasi yang lancar. Makam Sunan Ampel ini berada dalam kawasan wisata budaya Surabaya, berdekatan dengan area pecinan Kya Kya Kembang Jepun dan Kampung Arab Jawa Timur.

2. Makam Sunan Giri (Gresik)

3. Syekh Maulana Malik Ibrahim (Kota Gresik)

Gresik merupakan kota yang memiliki keistimewaan tersendiri yaitu memiliki dua makam anggota Wali Songo. Kedua anggota Wali Songo itu diantaranya Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik). Makam Sunan Giri lokasinya berada di atas puncak sebuah bukit di daerah Kebomas, sedangkan makam Syekh Maulana Malik Ibrahim letaknya tak jauh dari alun-alun Kota Gresik, Jawa Timur. Kedua anggota itu menjadi daya tarik wisata di Kota Gresik sehingga wisata kuliner Gresik pun ikut terkenal dikalangan masyarakat luas.

4. Makam Sunan Drajat (Lamongan)

Sunan Drajat dalam menyebarkan ajarasn islam ia menyiarkan agama Islam di sekitar wilayah Lamongan, Jawa Timur. Setelah beliau meninggal dunia, Sunan Drajat dimakamkan didaerah Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Daerah wisata di Lamongan tersebut letaknya berada pada bukit tinggi dengan dikelilingi pepohonan yang luas. Untuk mengenalkan kembali sejarah budaya bagi dunia pendidikan, di sekitar makam Sunan Drajat dibangun sebuah Museum Sunan Drajat dan bisa dikunjungi masyarakat umum secara gratis.

5. Makam Sunan Bonang (Tuban)

Sebenarnya sih ada beberapa versi mengenai cerita sejarah makam Sunan Bonang. Diantaranya ada yang mengatakan Sunan Bonang dimakamkan di 3 lokasi, yaitu Rembang, Tuban, dan Pulau Bawean. Namun, Sebagian ulama dan para ahli sejarah setuju bahwa makam asli Sunan Bonang berada di kota Tuban. Makam Sunan Bonang tersebut lokasinya berada di sebelah barat Masjid Agung Tuban, tepatnya di salah satu sisi alun-alun Kota Tuban, Jawa Timur.

6. Makam Sunan Kudus (Kudus)

Sesuai dengan namanya, makam Sunan Kudus bertepatan di Kota Kudus, Jawa Tengah. Lokasi makamnya tak jauh dari Masjid Kudus yang memiliki bangunan menara yang mirip dengan candi Hindu. Makam Sunan Kudus berada di daerah dataran rendah sehingga letaknya mudah dijangkau oleh para wisatawan yang ingin ziarah dan mendoakan. Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah ini sangat ramai sekali dikunjungi oleh wisatawan melalui paket wisata Wali Songo.

7. Makam Sunan Muria (Jepara)

Makam Sunan Muria bertempatan tepat di puncak Gunung Muria. Namun sebagian besar kaum menyatakan bahwa makam tersebut letaknya berada di kawasan Jepara. Namun, sebelum bisa mencapai obyek wisata di tempat ini, kamu harus siap menguji mental dan fisik untuk dapat melewati jalur mendaki dan sangat terjal menuju lokasi makam tersebut. Untungnya sekarang sudah ada layanan ojek yang mendukung kegiatan wisata ini.

8. Makam Sunan Kalijaga (Demak)

Kota Demak yang berada di Jawa Tengah ini bukan hanya dikenal dalam bidang sejarah budayanya saja karena pernah berdiri Kerajaan Islam Demak. Disana pun terdapat makam anggota Wali Songo yaitu Sunan Kalijaga (dalam bahasa setempat biasadisebut Sunan Kalijogo). Lokasi makam ini sedikit agak ke daerah pinggiran kota Demak. Jarak makam Sunan Kalijaga dan kompleks pemakaman keluarga Kerajaan Demak dapat ditempuh dengan menaiki kendaraan mobil selama kurang lebih 15 menitan saja. Tempat inilah salah satu obyek wisata di Jawa Tengah yang memiliki nuansa khas Jawa yang sangat kental.

9. Makam Sunan Gunung Jati (Cirebon)

Terdapat di bagian paling barat dari makam-makam lain anggota Wali Songo adalah makam Sunan Gunung Jati. Lokasi makam tersebut berada di salah satu daerah di kota Cirebon, Jawa Barat.
Makam Sunan Gunung Jati ini dihiasi ornamen dan piring antik dari China. Menurut sejarah yang beredar di masyarakat sekitar, Sunan Gunung Jati saat semasa hidupnya pernah menikahi Putri Ong Tien dari negara China sehingga budaya Tiongkok tampak dalam peninggalan sejarah di kota Cirebon.

Berlibur sambil ziarah memang hal yang sangat mengasiykan dan bisa mengunjungi tempat-tempat wisata lain yang menarik di Indonesia bukan hanya untuk tujuan bersenang-senang saja.