MADINAH – Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Ahmad Dumyathi mengajak, seluruh petugas untuk menggelar doa dan salat gaib bagi korban Gempa Lombok. “Ya kita sedang siapkan seruan untuk salat gaib dan doa bersama,” kata Dumyathi kepada Tim MCH Daker Madinah, Selasa, (7/8/ 2018).

Dumyathi mengatakan, sebagian tim PPIH Arab Saudi telah menggelar salat gaib dan doa untuk korban Gempa Lombok. “Siang tadi, usai salat Dzuhur, tim PPIH Jeddah telah menunaikan salat gaib,” ujar dia.

Sementara itu, Dumyathi akan menggelar aksi penggalangan dana untuk petugas. “Penggalangan dana juga telah disosialisasikan kepada para petugas PPIH dari instruksi pimpinan,” ucap dia.

Sebelumnya, dikabarkan gempa berkekuatan 7,0 SR mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada Minggu, 5 Agustus 2018 pukul 18.46 WIB. Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut jumlah korban tercatat sebanyak 98 orang dan 236 orang luka-luka.

Gempa ini juga telah mengakibatkan ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.