Jika kita bershadaqah, maka Allah akan menjaga harta kita. Namun, bukan berarti orang tersebut tak luput dari ujian ataupun musibah kehilangan harta bendanya. Karena secara manusiawi banyak yang mengartikan “harta” tersebut secara materi duniawi, sehingga apabila ditimpa musibah/ujian atau kehilangan menjadi timbul pertanyaan akan janji Allah tersebut. Nah, untuk itu benar adanya jika zakat atau shadaqah bisa menjaga harta kita. Bisa membuat kita sehat dan terhindar dari bala’.

“bentengilah harta-harta kalian dengan berzakat, bersegerahlah sembuhkan sakit kalian dengan shadaqah dan persiapkan diri kalian menghadapi bala’ dengan doa.” (H.R Ath-Thabarany)

  1. Kita harus yakin dengan hadist-hadist yang memotivasi kita untuk beramal shalih dengan mendapatkan kemuliaan hidup di dunia, lebih-lebih diakhirat.
  2. Bisa jadi ketika kita sudah lempeng zakatnya, sudah kenceng shadaqahnya, tapi kok masih ada musibah; maka perlu dilihat; a.) Musibah sebagai ujian untuk menaikkan derajat kita disisi-Nya. b.) Bisa jadi semua zakat atau shadaqah yang kita laksanakan itu ternyata berfungsi untuk menghapus dosa-dosa kita. Dan insya Allah jika sudah bersih dosa kita, maka shadaqah kita akan bisa berfungsi membentengi harta kita dari bala’ bencana.